Apa Itu Manajer Komunitas Coworking?

Coworking space adalah ruang kerja bersama yang digunakan oleh pekerja mandiri, freelancer, startup, dan perusahaan kecil yang ingin berbagi fasilitas, sumber daya, dan lingkungan dengan pekerja lain dari berbagai latar belakang, industri, atau perusahaan. Coworking space menawarkan fleksibilitas, kolaborasi, biaya efektif, dan kesejahteraan bagi para pekerjanya.

Namun, coworking space tidak hanya sekadar tempat kerja, tetapi juga tempat membangun komunitas. Komunitas adalah kumpulan orang yang memiliki kesamaan, kepentingan, atau tujuan tertentu, dan saling berinteraksi, berkomunikasi, dan berkolaborasi satu sama lain. Komunitas coworking space adalah komunitas yang terdiri dari anggota, pengelola, dan pemilik coworking space, yang saling mendukung, memberi inspirasi, dan memberi manfaat bagi perkembangan bisnis dan profesional mereka.

Lalu, siapa yang bertanggung jawab untuk mengelola, mengembangkan, dan memelihara komunitas coworking space? Jawabannya adalah manajer komunitas coworking, atau community manager coworking. Untuk lebih jelas nya, berikut penjelasan nya:

Apa Tugas dan Tanggung Jawab Manajer Komunitas Coworking?

Manajer komunitas coworking adalah orang yang berperan sebagai penghubung, fasilitator, dan pendukung komunitas coworking space. Manajer komunitas coworking bertugas untuk:

  • Menyambut dan mengenalkan anggota baru ke komunitas coworking space, serta memberikan informasi dan bantuan yang dibutuhkan.
  • Mengelola administrasi, operasional, dan keuangan coworking space, seperti pendaftaran, pembayaran, penjadwalan, perawatan, dan kebersihan.
  • Membangun dan mempertahankan hubungan baik dengan anggota, pengelola, pemilik, dan mitra coworking space, serta menyelesaikan masalah atau keluhan yang mungkin timbul.
  • Membuat dan mengimplementasikan strategi pemasaran dan promosi coworking space, seperti membuat konten media sosial, website, newsletter, atau blog, serta mengadakan acara atau kampanye khusus.
  • Mengorganisir dan mengkoordinasikan acara atau aktivitas yang bermanfaat bagi komunitas coworking space, seperti workshop, seminar, webinar, networking, mentoring, atau pitching, serta mengundang pembicara, mentor, atau investor yang relevan.
  • Mendorong dan memfasilitasi interaksi, komunikasi, dan kolaborasi antara anggota komunitas coworking space, serta menciptakan suasana yang ramah, nyaman, dan produktif.
  • Mengumpulkan dan menganalisis data, umpan balik, atau testimoni dari anggota komunitas coworking space, serta membuat laporan atau evaluasi tentang kinerja dan perkembangan coworking space.

Apa Skill dan Kualifikasi yang Dibutuhkan Manajer Komunitas Coworking?

Manajer komunitas coworking adalah orang yang harus memiliki skill dan kualifikasi yang sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya. Beberapa skill dan kualifikasi yang dibutuhkan manajer komunitas coworking adalah:

  • Memiliki latar belakang pendidikan atau pengalaman yang relevan dengan bidang manajemen, bisnis, pemasaran, komunikasi, atau sejenisnya.
  • Memiliki kemampuan komunikasi, negosiasi, dan interpersonal yang baik, serta dapat berbicara dalam bahasa Inggris dan bahasa lokal dengan lancar.
  • Memiliki kemampuan organisasi, administrasi, dan manajemen waktu yang baik, serta dapat bekerja secara mandiri, multitasking, dan beradaptasi dengan situasi yang berubah-ubah.
  • Memiliki kemampuan analisis, penelitian, dan pengambilan keputusan yang baik, serta dapat menggunakan alat-alat teknologi, seperti komputer, internet, media sosial, atau aplikasi kantor dengan baik.
  • Memiliki pengetahuan dan minat yang luas tentang berbagai bidang, industri, atau perusahaan, serta dapat mengikuti perkembangan dan tren terbaru.
  • Memiliki sikap yang ramah, antusias, proaktif, dan inovatif, serta dapat bekerja sama dengan orang-orang dari berbagai latar belakang, budaya, atau kepribadian.

Kesimpulan

Manajer komunitas coworking adalah orang yang berperan sebagai penghubung, fasilitator, dan pendukung komunitas coworking space. Manajer komunitas coworking bertugas untuk mengelola, mengembangkan, dan memelihara komunitas coworking space, serta memberikan manfaat bagi perkembangan bisnis dan profesional anggota. Manajer komunitas coworking harus memiliki skill dan kualifikasi yang sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya, serta memiliki kepribadian yang cocok dengan komunitas coworking space.

Scroll to Top