Menjaga Anggota Tetap Terhubung Selama Lockdown

Coworking virtual adalah bentuk coworking yang dilakukan secara online, melalui platform digital yang menyediakan ruang kerja virtual, fasilitas, dan komunitas. Coworking virtual termasuk layanan yang diberikan oleh serviced office jakarta selatan memiliki banyak keuntungan, seperti menghemat biaya, meningkatkan fleksibilitas, dan memperluas jangkauan.

Namun, coworking virtual juga memiliki tantangan, terutama dalam menjaga koneksi dan keterlibatan antara anggota. Hal ini menjadi lebih penting di tengah lockdown atau pembatasan sosial yang diberlakukan oleh pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Untuk menjaga anggota tetap terhubung selama lockdown, coworking virtual dapat melakukan beberapa hal, yaitu:

  • Menyediakan platform komunikasi dan kolaborasi yang efektif. Coworking virtual dapat memilih dan menggunakan platform digital yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi anggota, seperti email, telepon, video call, chat, dan lain-lain. Platform ini dapat digunakan untuk berbagi informasi, ide, saran, dan umpan balik antara anggota, baik secara formal maupun informal.
  • Menyelenggarakan acara dan aktivitas yang menarik. Coworking virtual dapat menyelenggarakan berbagai acara dan aktivitas yang dapat meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan kesejahteraan anggota, seperti webinar, workshop, mentoring, networking, dan lain-lain. Acara dan aktivitas ini dapat dilakukan secara online, dengan menggunakan platform digital yang sesuai. Coworking virtual juga dapat menyelenggarakan acara dan aktivitas yang dapat memberikan hiburan, relaksasi, dan kebahagiaan kepada anggota, seperti game, yoga, meditasi, dan lain-lain.
  • Membangun budaya dan nilai yang kuat. Coworking virtual dapat menetapkan dan menjalankan budaya dan nilai yang dapat mencerminkan visi, misi, dan tujuan coworking virtual, serta mengikat anggota menjadi satu komunitas. Budaya dan nilai ini dapat meliputi hal-hal seperti kerjasama, kepercayaan, keterbukaan, inklusivitas, dan lain-lain. Coworking virtual juga dapat memberikan penghargaan dan apresiasi kepada anggota yang berprestasi atau berkontribusi bagi komunitas.

Dengan melakukan hal-hal di atas, coworking virtual dapat menjaga anggota tetap terhubung selama lockdown. Hal ini dapat membantu anggota untuk tetap produktif, kreatif, dan bahagia, meskipun harus bekerja dari rumah atau lokasi yang berbeda. Coworking virtual juga dapat mempertahankan dan meningkatkan loyalitas, kepuasan, dan komitmen anggota terhadap coworking virtual.

Scroll to Top